Vaksinasi “Yellow Fever”

Posted by on December 4, 2013 in CATATAN, TRAVELLING | Comments Off on Vaksinasi “Yellow Fever”

es

 

 

 

 

 

Apasih vaksin Yellow fever ?

Saya pun gak tau awalnya, ini karna mau jalan2 bareng Oriflame ke Cape town januari 2014 aja saya pun ahirnya mencari tau tentang vaksin yellow fever.

Vaksin yellow fever di wajibkan di berikan untuk orang yang akan bepergian ke Afrika dan amerika selatan. Biaya suntik vaksi tersebut Rp. 300.000/sekali suntik dan vaksin tersebut berlaku untuk 10 tahun.

Kita tidak akan mendapat ijin masuk ke negara-negara afrika dan amrika selatan tersebut tanpa sertifikat vaksin yellow vefer tersebut.

======================================

 

ini artikel yang saya dapat dari www.imunisasi.net

Demam Kuning (Yellow Fever) adalah penyakit sistemik akut yang disebabkan Flavivirus. Pada kasus-kasus parah, infeksi virus Yellow Fever menyebabkan demam tinggi, perdarahan dalam kulit, dan necrosis (kematian) sel-sel ginjal dan hati. Kerusakan yang dilakukan virus Yellow Fever pada hati berakibat jaundice parah yang menguningkan kulit. Makanya, “yellow” dalam “yellow fever.”

 

Sekarang Yellow Fever paling umum ditemukan di area-area tropis Afrika dan Amerika. Virus Yellow Fever ditularkan pada kebanyakan kasus melalui gigitan nyamuk. Di perkotaan, Yellow Fever dapat ditularkan dari orang ke orang oleh nyamuk Aedes Aegypti. Di hutan, Yellow Fever ditularkan dari monyet ke manusia oleh nyamuk-nyamuk yang berkembang biak dalam lubang-lubang pohon di hutan hujan. Diagnosis Yellow Fever dibuat dengan observasi (pengamatan) atau, jika diperlukan, dengan membiakan virus dari contoh darah.

Tidak ada penyembuhan untuk Yellow Fever, meskipun obat-obat anti virus boleh dicoba. Pereda-pereda nyeri non-aspirin, istirahat, dan hidrasi kembali dengan cairan-cairan mengurangi ketidaknyamanan. Penyakit Yellow Fever biasanya berlalu dalam beberapa minggu.

 

Yellow Fever dapat dicegah dengan vaksinasi. Vaksin Yellow Fever adalah vaksin virus hidup yang dilemahkan. Vaksin direkomendasikan untuk orang-orang yang bepergian ke atau hidup di area-area tropis Amerika dan Afrika di mana Yellow Fever terjadi. Karena vaksin hidup, vaksin Yellow Fever tidak boleh diberikan pada bayi-bayi atau orang-orang dengan pelemahan sistem imun.

=====================================

dimana bisa mendapatkan vaksin tersebut ?

(saya ambil dari http://kkpdenpasar.blogspot.com/p/vaksinasi-yellow-fever.html)

Vaksinasi Yellow Fever

Persyaratan
A. Persyaratan

  1. Mengisi formulir permohonan vaksinasi
  2. Pas Foto berwarna 3×4  (1 lembar) 2×3 (1 lembar)
  3. Foto Copy Paspor yang masih berlaku

B.  Waktu Pelayanan
Pk. 08.00 – 16.00 Wita (Hari Kerja)

C. Biaya

  • Vaksinasi Yellow Fever Rp. 300.000,-
  • Buku ICV Rp. 25.000,-
  • Biaya Pendaftaran pasien pada Poliklinik Rp. 5.000,-
  • Biaya Pemeriksaan dan Pengobatan Rp. 15.00,-

(Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No.21. Tahun 2013 tentang Jenis dan Tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak/PNBP Yang berlaku pada Kementerian Kesehatan)
Catatan :
Tarif Vaksin Yellow Fever diatas berlaku untuk Vaksin Dropping/dikirim oleh Kementerian Kesehatan RI. Apabila bukan berasal dari sumber tersebut, harga vaksin Yellow Fever menyesuaikan dengan harga distributor.

Be Sociable, Share!