Kelas Inspirasi Depok

Posted by on April 23, 2015 in CATATAN, MOTIVASI | Comments Off on Kelas Inspirasi Depok

Kelas-Inspirasi-Logo

 

Ini adalah cerita lama saya mengikuti Kelas Inspirasi Depok di october 2014. Sudah cukup lama, namun tiba-tiba saya teringat kembali saat membuka album lama.

Kelas Inspirasi merupakan program yang memberikan kesempatan bagi semua kalangan profesional untuk mengenalkan profesi masing-masing kepada seluruh siswa-siswi SD mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini adalah memberikan gambaran pekerjaan yang kami jalani setiap hari agar seluruh siswa mendapatkan inpirasi dan motivasi

Sudah lama sebenarnya saya mengetahui komunitas kelas inspirasi ini, sudah lama ingin ikutan, tapi belum sempat.

Akhirnya saat membaca ada jadwal kelas inspirasi di depok, saya pun langsung mendaftar.

Saya tergabung di kelompok 20 dengan : Pak Joko, budi, mbak niknik, niken, arnis, iffah, emil, rima anggi, dan saya sendiri.

Kami dari background berbeda dan dengan jenis profesi yang berbeda. ada bu bidan, psikolog, teknisi pesawat terbang, purchasing, dan saya sendiri ibu marketing freelance.

7b

7b

 

7b

Seru banget saat saya mendapat jadwal mengajar di kelas 6-3-1.

Enaknya mengajar kelas 3 dan 6, anak-anak sudah lebih mudah diatur dan mereka pun dengan antusias menyambut kami mengajar di depan, bercerita dan mengajak bermain.

Nah … saat mengajar kelas 1, saya lumayan kewalahan alhamdulillah di bantu dengan mbak niknik untuk menenangkan anak-anak.

Ada anak yang selalu di bully temannya, di tendang, di pukul-pukul hingga menangis. ada anak yang selalu jalan kedepan dan ingin mencari perhatian, ada anak yang selalu berteriak-teriak, aduhhh …. benar-benar tantangan tersendiri mengajar kelas 1.

Untungnya saya punya jurus jitu, yaitu : “Menyanyi” 🙂

Iya … dari awal sampai akhir agar mereka lebih mudah diatur saya ajak menyanyi, menggambar, dan bermain tepuk 🙂

Disetiap akhir sesi kelas, kami meminta anak-anak menuliskan cita-citanya di kertas warna-warni yang kami bawa lalu ditempelkan ke pohon cita-cita yang sudah kami siapkan sebelumnya.

Duh senangnya melihat binar di mata anak-anak saat ditanya apa cita-cita mereka.

Ada yang bercita-cita menjadi pilot, dokter bahkan ada yang bercita2 ingin menjadi “anak yang baik” dan juga “buronan”

Yang paling lucu, saat salah satu anak laki-laki kelas 6 ada yang bercita-cita menjadi seorang penari.

Dan satu kelas semua menertawakannya “Dia kan perempuan bu sebenarnya” dan beberapa kalimat membully lainnya.

“Kamu mau jadi penari nak ? Gak papa bagus kok … tapi jadi penari yang hebat, keren dan macho ya. Penari gak harus perempuan atau banci. Laki-laki juga bisa menjadi penari. Tapi kamu harus menciptakan tarian yang macho dan keliatan laki-laki nya ya”

Dan anak itupun tersenyum kembali 🙂

Lalu ada satu anak yang menanyakan “Apa sih kerjaannya diamond director bu ?”

“Pekerjaan diamond Director meningkatkan omset penjualan perusahaan agar perusahaan dapat untung besar, dan jika sudah mencapai target maka ibu dan teman-teman ibu mendapat hadiah jalan-jalan keluar negri 2x setahun dan mobil gratis. Siapa yang mau keluar negri …”

“saya bu … saya bu ….”

Alhamdulillah ada satu anak yang cita-citanya ingin menjadi Diamond Director seperti saya 🙂

Lalu salah seorang ibu guru pun berkata : “Saya kira pekerjaan ibu jualan Diamond/berlian, soalnya diamond direktur sih” 🙂

7b

7b

7b

 

Mengajar itu menyenangkan

Mengajar itu candu

Saya ingin suatu saat dapat mengikuti kembali mengajar di Kelas Inspirasi

Be Sociable, Share!