7 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Kulitmu Tidak Cocok Terhadap skin care

Posted by on September 19, 2017 in Bedah Produk | Comments

Skin care bagus dan paling direkomendasikan sekalipun ternyata belum tentu cocok untuk kulitmu, lho.

Terlebih jika kamu mengalami tanda-tanda ketidakcocokan kulitmu terhadap skincare tertentu seperti berikut ini.

 

🎭 BENTOL PADA KULIT

Umumnya, kemunculan bentol dengan tanda kemerahan dipicu oleh reaksi alergi kultmu terhadap skincare tersebut. Hal tersebut merupakan pertanda kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Jika bentolan tersebut semakin besar dan tak kunjung hilang, sebaiknya hentikan pemakaian skincare sementara satu demi satu produk. Hal tersebut untuk mencari tahu skincare apa dan kandungan apa didalamnya yang memicu timbulnya alergi kulit tersebut.

 

🎭 TIMBUL RUAM KEMERAHAN

Banyak faktor yang menyebabkan ruam kemerahan muncul di kulitmu. Jika muncul pada wajah, tidak tertutup kemungkinan hal tersebut dikarenakan kulitmu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Biasanya, ruam kemerahan disebabkan oleh bahan pengawet, wewangian, atau asam akrilat yang terdapat pada produk kosmetik. Jika kulitmu menjadi ruam dan kemerahan karena tidak cocok dengan bahan skincare tersebut, lebih baik konsultasikan pada ahli dermatologis untuk mengetahui kandungan apa yang membuat kulitmu alergi.

 

🎭 KULIT TERASA GATAL

Jika wajahmu merasa gatal-gatal, bisa jadi hal tersebut menjadi tanda kamu tidak cocok terhadap salah satu bahan skincare seperti fragrance atau perfume. Yap, skincare dengan wewangian sangat rentan membuat kulitmu teriritasi dan gatal. Maka dari itu, jika kamu merasakan gatal setelah menggunakan skincare tertentu, sebaiknya hentikan segera dan mencari produk yang berlabel fragrance-free.

 

🎭 MUNCUL NYA JERAWAT

Jerawat yang muncul setelah pemakaian skincare tertentu dan tak kunjung hilang selama lebih dari tiga hari bisa jadi merupakan tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan skincare tersebut. Maka dari itu, kamu perlu membebaskan kulitmu dari skincare tersebut selama 2-3 minggu untuk menemukan penyebabnya. Kulitmu membutuhkan 28 hari untuk beregenerasi, dan kamu pun akan mudah untuk mengamati perubahan reaksi pada kulit terhadap skincare yang membuatmu teriritasi.

Untuk mengurangi kemungkinan munculnya jerawat, kamu bisa menghindari zat-zat seperti petrotchemical (paraffin wax, benzene, minyak mineral, petrolatum, dan lain-lain), synthetic fragrance, dan microbeads.

 
🎭 KULIT KERING DAN TERKELUPAS

Kulit kering yang disertai dengan pengeluapasan kulit juga menjadi salah satu tanda skincare tersebut tidak cocok dengan kulitmu. Mungkin, salah satu penyebabnya berasal dari produk peeling atau pembersih wajah dengan kandungan acid tinggi. FYI, kombinasi antara alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol pada produk kecantikan ternyata bisa menyebabkan pengeluapasan berlebih pada kulit, lho.

Kalau kamu sudah terlanjur mengalami hal ini, kamu bisa mengatasinya dengan moisturizer yang ampuh melembapkan dengan tekstur cream, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, yogurt, dan minyak kelapa.

 

🎭 KULIT TERASA KENCANG

Jika kamu merasakan kulit seperti tertarik dan kencang, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa kamu tidak cocok dengan skincare tersebut, lho. Sebaiknya, jangan mudah tertipu dengan efek pengencangan wajah pada kebanyakan produk pembersih wajah. Sebab, hal tersebut menandakan produk yang digunakan tidak memiliki pH yang seimbang pada kulit wajahmu.

 

🎭 KULIT TERASA TERBAKAR

Terakhir, tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan produk skincare tertentu adalah rasa panas dan terbakar pada kulit. Hal tersebut dikarenakan kulitmu cenderung sensitif dengan bahan kimia yang terkandung pada skincare tersebut. Sebaiknya, hindari penggunaan skincare yang mengandung retinol dan menggantinya dengan produk dengan kandungan vitamin C atau resveratol.

Be Sociable, Share!