Pennylane’s Brownies

Lagi rajin neh ….. semenjak pulkam jadi sering bikin kue lagi, gara2 anak2 & suami lg libur dan pasti mereka selalu bilang “Kok kita gak punya kue ya…..” hmmm…. padahal di toples masih ada kue kering & mereka habis makan roti ck…ck….ck….. itu perut apa karung bolong ya…he…he….

Akhirnya sehabis maghrib tadi aku bilang “Mami mo bikin brownies dulu ya…” Asyik….. seru anak2ku, tapi suamiku bilang “jangan brownies dong…. bakwan kek mi.”

Enak aja gak ada request2an, yg mau di buat sesuai ketersediaan bahan di lemari aja. Tadi aku cek terigu ada, coklat blok ada, gula ada, telur masih banyak, Coklat chips ada, cuma coklat bubuk aja yg gak ada, ya sudah coklat bubuk aku ganti dg coklat blok yg di tim aja deh.

Resepnya pake resepnya mbak Riana yg cukup terkenal di milist NCC “PENNYLANE’S Brownies”. Tekstur atasnya emang kering jd agak2 merekah klo di potong (bukannya brownies panggang emang harusnya gitu he..he…), tapi dalamnya lembut.

Brownies matang jam 9 malam, eh ternyata anak2ku dah pada tidur semua, ya udah deh disimpan aja u/ besok pagi, lumayan buat dibawa bekal ke sekolah jadi gak pusing lagi cari2 bekal u/ besok hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang.

foto pennylane brownies

ini resepnya ya :

PENNYLANE’S BROWNIES

by : Riana Ambarsari (http://www.ncc-indonesia.com)

Bahan:
4 butir telur
2 cup gula pasir
1 cup minyak goreng
3/4 cup bubuk coklat
1 1/2 cup tepung terigu
1/4 sdt garam
1 sdt vanili
1/2 cup kacang tanah cincang/kenari panggang (gak aku pakai)
1/2 cup Chocolate Chips

Cara membuat:

  1. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat celcius.
  2. Campur coklat, terigu dan vanili bubuk.
  3. Telur dan gula dikocok sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus.
  4. Masukkan garam, kocok hingga rata.
  5. Matikan mikser, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata. Masukkan kacang tanah/kenari dan chocolate chips, aduk rata.
  6. Tuang adonan ke loyang, panggang +/- 35 menit. Test dengan tusuk gigi/lidi yang bersih.
  7. Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Catatan:

  • Gunakan cangkir pengukur (measuring cup). Jika tidak ada, gunakan cangkir kopi ukuran standard.
  • Brownies ini tekstur atasnya akan kering retak-retak, sedangkan dalamnya basah.
  • Brownies akan semakin enak setelah diinapkan semalam.
Read More

Watermelon Cookies

2 hari yll aku buat watermelon cookies kebanggan warga NCC. Judul awalnya sih penasaran, susah gak sih buatnya. Ternyata gampang euy…. yg males cuma pas ngebuletin & motong2nya aja karena berminyak.

Harus sering2 di bekuin lagi, karena klo gak gitu pas motong jadi acak2an agak2 pecah. Trus cari2 flavour Melon di TBK kok gak nemu, walhasil yg aku beli flavour lemon trus karena pewarna merah gak ada adanya pink, jadilah watermelon ku pinky. kata anakku “mi… ini bukan watermelon cookies…. tapi waterlemon…” he…he…. gak pa-pa deh yg penting rasa penasaran terbayar.

Watermelon Cookies

foto watermelon cookies

(sumber : http://ncc-indonesia.com)

 

Bahan:

  • 300 gr mentega/margarin
  • 225 gr gula bubuk
  • 50ml whipped cream
  • 1 sdt perenyah cookies (Optional)
  • 1 sdt vanilla pasta
  • 3 btr kuning telur
  • 2sdt melon flavour
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. kocok semua bahan hingga lembut dan rata, lalu bagi menjadi 3 :
  2. 1/3 bagian diberi : -175 gr tepung terigu
    – 50 gr almond bubuk
    – 10 gr tepung maizena
    – 20 gr susu bubuk FC
    – 1 sdm wijen hitam yg sudah di sangrai
    – pewarna merah secukupnya
    aduk rata adonan ini, bagi 4 atau 2 bagian, bulatkan, bekukan dalam freezer.
  3. 1/3 bagian diberi : – 175 gr tepung terigu
    – 20 gr tepung maizena
    – 20 gr susu bubuk FC
    – pewarna kuning secukupnya
  4. 1/3 bagian diberi : – 175 gr tepung terigu
    – 20 gr tepung maizena
    – 20 gr susu bubuk FC
    – pewarna hijau dan kuning secukupnya
  5. Setelah adonan merah mengeras, bungkus dengan adonan kuning, bekukan lagi. Terakhir bungkus dengan adonan hijau, bekukan.
  6. Gulingkan pada gula kasar, lalu belah adonan menjadi dua bagian melintang, potong tipis, oven hingga matang (lk. 20 menit dengan suhu 130’C)
Read More

Puding Almond Gelas

Ini adl penampakan Puding Almond Gelas yang rencananya akan di jual yasmin di sekolah, kebetulan yasmin lg bersemangat jualan akhir2 ini. Jual pensil, penghapus, coklat stik, dan sekarang rencananya jual puding.

Resep puding Almond gelasnya aku ambil dari milis NCC by Mbak Fatmah. Rasanya enak apalagi dimakan dingin2 pas tengah hari bolong:)

PUDDING ALMOND GELAS

Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1 ltr susu segar

1 bks agar-agar bubuk putih

250 gr gula pasir

1 sdt essence almond

1 klg fruit cocktail, siap beli.

Cara membuatnya:

masak sambil diaduk-aduk: susu, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api, masukkan essence almond, aduk rata. biarkan uapnya hilang.

Tuang agar-agar kedalam cetakan kecil-kecil, biarkan setengah beku.

Beri 1 sdt fruit cocktail disetiap cetakan. Bekukan dalam kulkas hingga saat disajikan.

Read More

Onde-Onde

Udah lama pengen banget bikin kue ini, tapi gak pernah jadi karena takut gagal. (padahal cuma kue onde doang ya:))
Akhirnya kemarin memaksakan diri u/ beli bajan kue di pasar pertamina.
Taraaaa … jadi deh kue onde nya, ternyata gak segampang yg aku bayangin bikinnya. Enak sih rasanya, tapi teksturnya tidak selicin dan semulus onde yg pernah aku makan, duh… gimana caranya ya, ada yg bisa kasih bocoran?

Oiya … resepnya aku dapat dari mlist NCC yg pernah di posting m’yani.

Ingredients:

250 gr kacang ijo kupas
gula,garam, vanillie secukupnya

kulit :
500 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
2 sdm makan gula pasir
garam secukupnya
santan atau air hangat secukupnya
Wijen
minyak goreng

Directions:

Isi :
rebus kacang hijau kupas dengan air,sampai empuk, tambah gula,garam
dan vanillie. Masak kembali hingga kental.
dinginkan, bentuk bulatan sesuai selera.

Kulit :
campur semua bahan dan uleni dengan santan/air sampai kalis atau tdk
lengket ditangan.
seperti membuat nastar bentuk bulat, isi dengan bahan isian, bentuk
bulat..gulingkan kedalam wijen.
cara menggoreng, masukkan onde2 kedalam minyak dingin , dan panaskan
minyak dengan api sedang.
Usahakan onde2 terendam minyak seluruhnya selama menggoreng
goreng sampai kuning.

Read More
hello